Rabu, 09 Juli 2014

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI dari MASA ke MASA

Manusia telah melakukan komunikasi sejak zaman prasejarah, hanya saja cara dan peralatan yang digunkan masih sangat sederhana. Perkembangan teknologi komunikasi sejak zaman dulu dibagi lima periode, yaitu:


1. Periode sebelum 3000 SM
Pada periode ini, manusia berkomunikasi dengan cara yang sangat terbatas. Manusia menggambarkan informasi yang mereka dapatkan dengan melukisnya di dinding-dinding gua. Bahasa yang digunakan manusia untuk berkomunikasi hanya terbatas pada dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan.

2. Periode 3000 SM
Pada masa ini, untuk pertama kalinya manusia mulai menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi. Tulisan yang digunakan masih berupa symbol-symbol yang dibentuk dari piktograf sebagai huruf.

3. Periode 2900 SM
Pada periode ini, bangsa Mesir Kuno telah menggunakan huruf hieroglif sebagai alat untuk berkomunikasi. Huruf-huruf tersebut terdiri atas symbol-symbol objek, seperti perkakas, binatang, atau kapal-kapalan. Selain bangsa Mesir, bangsa China juga sudah mulai menggunakan tulisan modern sebagai alat berkomunikasi.

4. Periode 500 SM
Pasa masa ini, kertas dan serat pohon papyrus mulai digunakan untuk menulis. Kertas tersebut dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Serat papyrus lebih kuat daripada tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi.

5. Periode 105 SM
Pada periode ini, bangsa China menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, dan diratakan serta dikeringkan. Pada masa ini juga mulai muncul system percetakan dengan menggunakan kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta. Bangsa Hindus di India telah membuat system bilangan sembilan digit yang sampai saat ini masih kita gunakan.

ada juga menurut fitra tentang kemajuan teknologi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar